Khairani, Anis (2025) INTEGRASI KURIKULUM (MODERN DAN LOKAL) SEBAGAI PERWUJUDAN BRANDING SEKOLAH “GENERASI ULAMA CENDEKIA” DI SDIT SAMAWI BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (531kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (361kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (662kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (425kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
21112059_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Integrasi kurikulum (modern dan lokal) di SDIT Samawi Bantul sudah ada sejak pertama kali sekolah ini didirikan karena tujuan didirikannya adalah sebagai sekolah yang memadukan kurikulum nasional dengan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan integrasi kurikulum (modern dan lokal) sebagai perwujudan branding sekolah “Generasi Ulama Cendekia” di SDIT Samawi Bantul, dan 2) mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan integrasi kurikulum (modern dan lokal) sebagai perwujudan branding sekolah “Generasi Ulama Cendekia” di SDIT Samawi Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Penelitian ini bersifat kualitatif, artinya prosedur yang dilakukan menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan integrasi kurikulum di SDIT Samawi menggunakan empat model yaitu nested, connected, shared, dan immersed. Keempat model tersebut dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan di kelas maupun di luar kelas, 2) hasil dari integrasi kurikulum di SDIT Samawi berhasil menciptakan generasi ulama cendekia yang mampu menghadapi tantangan zaman dengan landasan nilai-nilai Islam yang kokoh. Integrasi kurikulum ini menghasilkan peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berakhlak mulia, peduli terhadap lingkungan, dan siap berkontribusi kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi Kurikulum; Kurikulum Modern dan Lokal; Generasi Ulama Cendekia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 536 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:19 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/979 |