Fatonah, Sari Nur (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN AN NUR YOGYAKARTA PADA MARKETPLACE SHOPEE. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
20401963_COVER_BAB I..pdf - Published Version
Download (1MB)
20401963_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
20401963_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
20401963_BAB IV.pdf - Published Version
Download (735kB)
20401963_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB)
Abstract
Di Indonesia, pengguna internet terus meningkat pesat, sehingga mendorong banyak pengusaha untuk memanfaatkan marketplace sebagai sarana pemasaran produknya. Dari hasil pra-survei, terdapat fenomena menarik dimana kualitas produk yang ditawarkan oleh marketplace shopee sering kali tidak sesuai dengan deskripsi, harga yang ditawarkan berbeda antara yang dijual online dengan offline, serta kurangnya kesadaran halal santri mahasiswa sebelum membeli produk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan kesadaran halal secara parsial terhadap keputusan pembelian santri mahasiswa komplek al-maghfiroh pada Marketplace Shopee.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 67 responden yang ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan SPSS versi 16. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai Sig 2 tailed yang diperoleh sebesar 0,370 > 0,05, tidak terjadi multikolinearitas dibuktikan dengan nilai Tolerance > 0,1 dan VIF < 10, tidak terjadi heterokedastisitas dibuktikan dengan nilai signifikansi semua variabel independen > 0,05. Hasil regresi linier berganda menunjukkan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung (-5,186) < ttabel (-1,998). Persepsi harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (10.468) > ttabel (1,998). Kesadaran halal berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee, dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (-3,345) < ttabel (-1,998). Serta hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,639 menunjukkan bahwa kualitas produk, persepsi harga, dan kesadaran halal mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 63,9 % sedangkan sisanya 36,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kesadaran Halal, dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas produk, Persepsi Harga, Kesadaran Halal, dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | User IIQ An Nur |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 09:27 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 09:27 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/431 |