Atiqoh, Azzah (2025) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL ISLAMI KELAS X KULINER DI SMK NEGERI 1 SEWON. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21102013_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21102013_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21102013_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21102013_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21102013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21102013_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21102013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21102013_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Project-Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Vokasional Islami siswa kelas X Kuliner di SMK Negeri 1 Sewon, baik secara parsial maupun simultan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya integrasi antara nilai-nilai keislaman dan keterampilan vokasional dalam dunia pendidikan kejuruan, khususnya dalam bidang kuliner yang memiliki keterkaitan erat dengan prinsip halal dan etika kerja Islami.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kuliner di SMK Negeri 1 Sewon sebanyak 216 siswa, dengan sampel yang diambil sebanyak 140 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket tertutup menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara PAI terhadap Keterampilan Vokasional Islami, dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi sebesar 0,821; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara PjBL terhadap Keterampilan Vokasional Islami, dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi sebesar 0,994; (3) secara simultan, Pemahaman PAI dan PjBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keterampilan Vokasional Islami siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai R Square sebesar 0,854.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa PAI dan penerapan PjBL berperan penting dalam meningkatkan keterampilan vokasional Islami siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merancang kurikulum yang integratif, bagi guru dalam merancang pembelajaran yang bermuatan nilai Islami, serta bagi siswa untuk lebih memahami pentingnya nilai agama dalam dunia kerja vokasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PAI, Project-Based Learning, Keterampilan Vokasional Islami, SMK Negeri 1 Sewon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 450 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:46
Last Modified: 18 Jul 2025 09:46
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item
View Item